Kilas Balik Sengketa Lahan Warga Sepawon dengan PTPN XII

[caption id="attachment_787" align="aligncenter" width="640"] Saat warga Sepawon mendengarkan penjelasan Ketu...

[caption id="attachment_787" align="aligncenter" width="640"] Saat warga Sepawon mendengarkan penjelasan Ketua Bidang Hukum JPKP Kabupaten Kediri, Nanik Haryanti bahwa surat permohonan penyelesaian kasus kedua dusun itu telah diterima Kementerian Sekretariat Negara, Sabtu, 30 Desember 2017.[/caption]

Foto Kediri - Di penghujung tahun 2016 ini perjuangan warga Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten Kediri mendapatkan titik terang. Harapan untuk memperoleh sertifikat tanah yang menjadi tempat tinggal mereka direspon pemerintah pusat.

Namun persoalan belum dianggap selesai, sebab bagi ratusan warga Sepawon dari Dusun Badek dan Gatok, sebelum sertifikat tanah  itu berada di genggaman, hak mereka yang sebelumnya dijanjikan pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri dianggap belum dipenuhi.

Luapan kegembiraan ratusan Sepawon dari Dusun kegembiraan itu lantaran surat permohonan penyelesaian kasus kedua dusun itu telah diterima Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) saat ormas Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kediri Raya yang sekarang mendampingi perjuangan mereka, menunjukkan bukti diterimanya surat itu.

“Tujuh puluh tahun Indonesia telah merdeka namun anehnya kita yang berkumpul di sini (warga dusun Badek dan Gatok) belum merasakan kemerdekaan,” kata Puguh, Kepala Desa Sepawon, Sabtu, 30 Desember 2017. (Baca: Trend Berbelanja Online Perempuan Desa Lereng Kelud)


Warga dua dusun itu menempati lahan yang masih dalam sengketa antara warga di dua dusun itu dengan pihak PTPN XII. Munculnya sengketa terkait dengan sejarah nasionalisasi lahan perkebunan di lereng Gunung Kelud Kediri dari korporasi milik Belanda ke Republik Indonesia.

Sebelum nasionalisasi tahun 1957, mereka adalah warga Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Tanah di daerah Jarak, sebelumnya merupakan hutan belantara. Hutan ini kemudian dibuka oleh Mbah Diposulaksono, kemudian disusul oleh penghuni baru yang lainya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa para pembuka hutan ini juga adalah para leluhur masyarakat Desa Sepawon sekarang. Masyarakat pembuka hutan ini kemudian mendiami dan beranak pinak serta memperoleh penghidupan dari tanah dan sumber-sumber penghidupan yang lain ditempat ini.

Pada tahun 1923 Pemerintah Belanda membuka area perkebunan di sekitar perkampungan warga. Belanda mengambil sebagian tanah garapan dengan cara memberikan ganti rugi sepantasnya pada warga. Namun, oleh Belanda kemudian dikuasakan pada Perusahaan Perkebunan N.V. Cultuur Matschappy Ngrangkah Sumber Glatik Gevastigde to Surabaya, N.V. Cultuur Matschappy Ngrangkah Badek Gevastigde to Surabaya, N.V. Cultuur Matschappy Babadan Gevastigde to Surabaya sebagai perusahaan-perusahaan perkebunan Belanda.

Meski demikian, ada batas yang jelas terhadap antara tanah-tanah yang dikuasai oleh Belanda dengan tanah-tanah yang dikuasi oleh warga. Atau ada batasan jelas antara tanah yang dimiliki warga setempat, yakni tanah pertanian yang diperoleh dari hasil membuka semak belukar menjadi ladang garapan dengan tanah-tanah perkebunan yang dikuasai Belanda sebagai area perkebunan. (Baca: Uniknya Kampung Indian di Lereng Kelud Kediri)


Batas-batas itu dibuat atas kesepakatan antara warga dengan pihak Belanda. Hal ini mengacu pada UU Agraria Belanda. Dalam Undang-Undang Agraria tersebut, yang dibuat Belanda pada 1870 tercantum aturan bahwa Gubernur Jendral Belanda tidak akan mengambil kekuasaan atas tanah-tanah yang telah dibuka oleh rakyat asli untuk keperluan mereka sendiri.

Periode pendudukan Jepang 1942 Belanda kalah tanah perkebunan yang dikuasai Belanda banyak yang terlantar. Sehingga tanah perkebunan tersebut kembali menjadi semak belukar. Kemudian, tanah-tanah tersebut dikelola oleh Jepang.

Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 setelah penjajahan Jepang berakhir juga merupakan kemerdekaan bagi warga Ngrangkah untuk kembali lagi bertani. Sebanyak 500 KK mulai kembali mengelola lahann garapannya.

Pada tahun 1946 atas perintah Bupati Kediri Jumari dengan melalui pamong praja setempat (diantaranya Marto dan Kasmi) warga mulai melakukan pembabatan kembali tanah pertanian warga yang tak terawatt.

Tindakan menduduki dan memanfaatkan lahan terlantar tersebut tidak dinyatakan sebagai perbuatan penyerobotan yang melanggar hukum. Karena memang sebelumnya yang dikelola adalah tanah yang pada masa penjajahan Belanda sudah menjadi milik warga yang tinggal di daerah itu.

Agresi Militer berakhir, Pemerintahan Soekarno segera menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nasionalisasi Perusahaan milik Belanda yang ada di wilayah Indonesia (Undang-Undang No 86 / 1958, LN 1958,No 162) dan diperkuat dengan adanya Peraturan Pemerintah No 19 tahun 1959 yang meliputi tanah bekas perkebunan atau perusahaan barat dikuasai Negara. Terrmasuk di dalamnya tanah perkebunan N.V. Cultuur Mij Badek, N.V. Ngrangkah Sumber Glatik, N.V. Babadan .

Sejak tanggal 3 Desember 1957 tanah perkebunan tersebut kembali menjadi tanah yang dikuasai oleh Negara dan perusahaan perkebunan Belanda diubah menjadi PPN Antan yang merupakan perusahaan perkebunan milik Negara RI. Sebenarnya pada saat nasionalisasi ini juga sudah ada kejelasan, mana tanah milik Perusahaan Belanda dan mana tanah milik warga. Apalagi, pada saat tanah yang terkena nasionalisasi dan kembali ke Negara diluar batas-batas tanah-tanah rakyat dan tetap ada pembatasan yang jelas antara tanah yang terkena nasionalisasi dengan tanah yang dimiliki warga.

Pada tahun 1966 terjadi koflik, dimana tanah yang dikuasai warga berusaha diambil alih oleh Pemerintah dengan dalih tanah mereka adalah tanah hasil Nasionalisasi. Kemudian terjadilah tindakan yang bersifat manipulatif melalui tekanan, paksaan dan teror.

Bentuk-bentuk penekanan diantaranya, apabila warga tidak menyerahkan tanah yang dimilikinya, tanpa berdasarkan fakta dan bukti yang jelas maka mereka dicap sebagai PKI. Sementara bentuk manupulatifnya, tanah garapan warga digusur dan digabungkan menjadi satu.

Saat itu Kampung Pojok dan Kampung Karangsari digabung menjadi Dusun Badek. Kampung Pakelan dan Kampung Sumberjo digabung menjadi Sepawon Ngrangkah. Warga diberikan tempat penampungan masing-masing 20x23 meter.  Lahan penampungan itu kemudian dijadikan pemukiman oleh warga. Pada saat itu terjadi peralihan tanah garapan dikelola oleh PPN Antan XII.

Perkembangan selanjutnya, karena wilayah Dusun Jarak dengan Sepawon jaraknya sekitar 25 km maka Desa jarak dipecah menjadi dua, Desa Jarak dan Desa Sepawon. Di Desa Sepawon sendiri, Dusun Petungombo merupakan wilayah yang di luar perkebunan, sementara Dusun Badek dan Gatok berada di area perkebunan PPN Antan XII.

Mulai tahun 1986 sampai sekarang terjadi kesalahan fatal dalam pengajuan HGU. HGU untuk PTPN XII dikeluarkan melalui SK Mendagri No. SK. / HGU / DA / 87 yang ditanda tangani oleh Dirjen Agraria.

Untuk memperoleh izin HGU pihak perkebunan melakukan rekayasa data yaitu dengan memasukan luas tanah yang dimiliki dan dikelola warga. Terjadi proses peralihan pengelolaan kebun dari pihak PPN Antan XII ke pihak PTPN XII. Hal itupun juga direkayasa dan tidak diketahui warga. Bahkan, mulai tahun 1986 sampai sekarang terjadi kesalahan fatal dalam pengajuan HGU. HGU untuk PTPN XII dikeluarkan melalui SK Mendagri No. SK. / HGU / DA / 87 yang ditanda tangani oleh Dirjen Agraria.

Untuk memperoleh izin HGU pihak perkebunan melakukan rekayasa data yaitu dengan memasukan luas tanah yang dimiliki dan dikelola warga Ngrangkah Pawon atau tanah warga diklaim berstatus tanah Negara bekas hak erfpacht dengan atas nama : N.V. Cultuur Mij Nrangkah Sumber Glatik, N.V. Cultuur Badek dan N.V. Cultuur Mij Babadan, terkena Nasionalisasi berdasarkan UU Nomor 86 tahun 1958 junto Peraturan Pemerintah No 19 tahun 1959. Di dalam keterangannya perkebunan menuliskan bahwa sejak tanggal 3 Desember 1959 tanah hak milik yang pernah dikelola warga (klaim tanah milik perkebunan) menjadi tanah yang dikuasai langsung oleh Negara.

Berbagai upaya warga memperjuangkan hak mereka selalu gagal, bahkan intimidasi masih terus dilakukan. Hearing dengan DPRD Kabupaten Kediri juga tak mendapatkan tanda-tanda  menggemberirakan. (Baca: Desa Sentra Produksi Cabe Ini Latih Ibu-Ibu Rangkai Bunga Akrilik)


Pasca reformasi, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) saat itu Almarhum Munir turun langsung melakukan advokasi hingga mendampingi warga ke Jakarta meminta Pemerintah Pusat untuk mendapatkan kembali hak mereka, setidaknya tanah seluas 20x25 yang telah dijadikan pemukiman itu, lagi-lagi upaya itu mentok.

Sebenarnya pada tahun 1987 telah diterbitkan sertifikasi tanah seluas 62 hektar yang bukan hak guna usaha (HGU). Lantaran hal itu dianggap angin segar dari pemerintah, pada tahun 2014 beberapa warga membentuk serikat tani Tunggul Wulung yang digunakan untuk memperjuangkan hak mereka.

Dengan adanya serikat tani mereka mulai bergerak mengumpulkan semua dokumen dan alat bukti. Pada tahun 2015 muncul program Inventarisasi Penguasaan Penggunaan dan Pemanfaatan tanah Kawasan Hutan (IP4T) untuk wilayah perkebunan. Sayangnya upaya ini pun belum menemukan titik terang. Dengan dasar IP4T mereka memperjuangkan hak atas tanah mereka sampai audiensi dengan Komisi II DPR RI


Pada tahun 2016 ada seruan dari BPN kepada warga untuk mendaftarkan sertifikasi tanah 20x25. Saat itu dijanjikan sertifikat mereka segera terbit. Pada saat pengukuran ada laporan dari PTPN XII tanah yang ditempati penduduk merupakan asset perusahaan. Kondisi itu menyebabkan pelaksanaan sertifikasi tertunda dan banyak pejabat BPN dimutasi.

Hingga pada bulan September 2017 warga didampingi pengurus JPKP Kabupaten Kediri menemui Ketua Umum  JPKP Pusat untuk meminta bantuan menyelesaikan sengketa lahan antara warga Sepawon dengan PTPN XII. Upaya yang dilakukan JPKP bersama warga melakukan lobi-lobi ke pamerintah pusat. Sampailah ada titik terang di mana surat permohonan mereka telah masuk di Setneg.

Menurut Ketua Bidang Hukum JPKP Kabupaten Kediri, Nanik Hariyanti,  selama  ini warga tidak pernah melakukan tindakan anarkis dan tetap konsisten berjuang di jalur koridor hukum yang berlaku. Sayangnya warga masih kerap menerima intimidasi. Kadang mereka masih dipanggil untuk datang ke Polsek Plosoklaten.

"Warga Sepawon sebenarnya telah lama berjuang mendapatkan hak tanah mereka, namun upaya itu kerap kali gagal," ungapnya.

 
Name

# #Abrahami #AdaAapaDenganmu #AdvokatKediri #AgamaKediri #AgrowisataKediri #AirTerjunIrenggolo #Alpukat #AlumniKediri #AnakKediri #Antioksidan #AnugerahDesa #ApemKediri #ArgumentumAdHominem #ArumiBachsinKediri #BabinsaKediri #BanjirKediri #BanjirPacitan #BanjirPetok #BanyakanKediri #BBMKediri #bencanaKediri #BencanaPacitan #BerasKediri #BisnisKediri #BLSMKediri #BPBDKediri #BPNKediri #BuahAjaib #BuburAyam #BuburJalandhoho #BukuPernikahan #BulogKediri #BusanaSayuran #CabeKediri #CabeNatal #CafeshishaLirboyo #CeritaPanji #ChangcutersKediri #CintaKeakraban #CoinemasKediri #CosplayerKediri #CosplayKediri #DanaDesa #DesaCabe #DesaKediri #DesaKristen #DesaMlancu #DesaNatal #DhohoKediri #DhohoSteetFashion3rd #DiditMaulanaKediri #DietLangsing #DietSehat #DispendukcapilKediri #DisperdaginKediri #DKUMTKKediri #DohoStreetFashion #DosenKediri #DriverOjek #DurianKediri #DurianMlancu #EkonomiKediri #ElpijiKediri #FestivalPanji #FotoKediiri #FotoKediri #FragmenTari #GameKediri #GangguanJiwa #GerakJalan #GerejePuhsarang #GermasKediri #GombalAmoh #GombalKediri #GowesKediri #GowesPare #GrandSuryaKediri #GusWar #HargaAyam #HargaCabe #HargaJagung #HargaTelur #HariIbu #HondaKalong #HotelGrandSurya #HotelKediri #HujanDeras #HujanKediri #HukumKediri #HutanKelud #IklanJeans #IlmuwanPeramal #IlmuwanPsikologi #IndianKediri #InflasiJawaTimur #InflasiKediri #InflasiNasional #InovasiDesa #Instagramable #InternetDesa #IrenggoloKediri #JagungKediri #JajananPasar #JakartaKediri #JalanDhoho #JalanKediri #JalanRusak #JalanSantaiKediri #JalanSantaiPajak #JamanBelanda #Jayabaya #JenderalSoedirman #JumpritanKediri #JurnalisKediri #KabupatenKediiri #KabupatenKediri #KaderNu #KadinKediri #KadinUMKM #KampungAnak #KampungAnggrengKediri #KampungIndian #KampungKelirKediri #KapolresKediri #KatigaKediri #KbakaranKediri #Kediri #Kediri #FotoKediri #KediriBajulan #KediriBersahalawat #KediriDunia #KediriIsrael #KediriIstighosah #KediriJerusalem #KediriJiwa #KediriKebanjiran #KediriKnalpot #KediriKoin #KediriMasabu #KediriMemorialPark #KediriNyamuk #kediriPacitan #KediriPalestina #KediriTahunBaru. Kediri Tahun Baru #KejujuranAnak #KeludKediri #KeludWilisTourismAdventuride #KemacetanKediri #KepalsuanBefikir #KepemimpinanKediri #KependudukanKediri #KerupukUpil #KhitananKediri #KhitananLiburan #KhitananMassal #KhofifahKediri #KiaiIbrahim #KnalpotBrong #KoesPlus #KoinMaulid #KomikersKediri #KomoditiKediri #KomunitasKomikers #KomunitasMenggambar #KopiKediri #KorbanPacitan #KotaAnak #KotaKecil #KotaKediri #KPKKejujuran #KpuKediri #LampuHias #Lemak #LerengKelud #LiburanSekolah #LintasAgama #ListrikDesa #MalamNatal #ManusiaJenuh #MasAbu #MasAbuKediri #MasAbuPendidikan #MasyarakatKediri #MaulidNabi #MbenjingMrikiMalihNggih #MemanjakanLidah #MensosKhofifah #MerkJeans #MerkJepang #MerkMotor #MiniaturTruk #MobileLegend #MobilelegendsKediri #MobilKeliling #MotorJepang #MotorKediri #MuhammadiyahKediri #MuhammadiyahPohon #MuseumFoto #MuseumKediri #MuslimatNuKediri #NabiMuhammad #Nanas #NapakTilasJenderalSoedirman #NatalKediri #NingLikKediri #NostalgiaPasar #Nutrisi #OjekKediri #OnlineDesa #OperasiLilinKediri #OpkKediri #OrmasWA #OrmasWhtasapp #PahlawanKediri #Palmturi #PanjiInternasional #PanjiKediri #PanoramaPegunungan #PantiasuhanMuhammadiyah #ParePlosoklaten #PariwisataKediri #PariwisataKopi #PasarKediri #PasienKediri #PasutriBuku #PasutriMiskin #PAUDkediri #PAUGambruk #PcnuKediri #PecelKediri #PecelPunten #PelajarKediri #PemadamanPLN #PemkabKediri #PemkotKediri #PendidikanKediri #PengamananNatal #PenghargaanKediri #PenginilKelud #PenginjilKediri #PenginjilKiai #PeradiUnik #PerajinKediri #PerangNyamuk #PerempuanKediri #PergunakanUang #PerhutananSosial #PerizinanKediri #PermainanJumpritan #PermainanYoyo #PerumahanAtas #PerumahanKediri #PetaniJagung #PetaniKediri #PetaniKelud #PetaniSepak #PGPesantren #PilkadaEkonomi #PilkadaKediri #PLNKediri #PohonKediri #PohonTumbangKediri #PojonKelapa #PolisiBencana #PolisiKediri #PolresKediri #Psikologi #PsikologiManusia #PsikologiPeramal #PTPNXII #Puhsarang #PukisChina #PuntenKediri #PupukKediri #PupukPetani #PutingBeliung #PutingBeliungKediri #RakernasWhatsapp #RamahAnak #RaziaKnalpot #Relawan #relawanKediri #ResepApem #ResepKukus #ResepPukis #RitualKediri #RoboticKediri #RotiKukus #RotiOrion #RSUMuhammadiyah #RSUSuryaMelati #SampahSungaiBrantas #SarapanBubur #SatpolPPKediri #SawahKebanjiran #SayangiJantungmu #SayuranKediri #SdRahmat #SdRahmatKediri #SdRahmatPacitan #SedekahBumi #SejuknyaPegunungan #SekolahLapang #SekolahLapangKediri #SemarakNatal #SenamLansia #SengketaLahan #SenimanKediri #SensasiKelud #SepawonKediri #SerifikatKediri #SertifikatTanah #SertifikatWarga #ShaggydogKediri #ShaggydogTahunBaru #SiswaKediri #SiswaSdrahmat #SiswaUang #SlgKediri #SLGTahunBaru #Sma1Kediri #SPBUKediri #SpotFoto #SulamKediri #TabungGas #TahuKediri #Tahun2018 #TahunBaru #TahunBaru2018 #TahunBaruKediri #TahunKelud #TahuTakwa #TamanKelir #TamanSekartajiKediri #TanahKediri #TenunDunia #TenunIkat #TenunIkatKediri #TenunKediri #TerangiDesa #TKKediri #TokoDhoho #TradisiKediri #TradisiKoin #Tuguslg #Tuhan #TumpengTahu #UmbulUmbulKristen #UMKMKadin #UMKMKediri #UrcKediri #WalikotaKediri #WalikotaMasabu #WanaWisataBambu #WargaKediri #WargaKepung #WargaSepawon #WarungKopiWifi #WawaliKediri #WifiDesa #WifiGratisKediri #WiraUsahaKediri #WisataIrenggolo #WisataKediri #YonKoeswoyo #Yoyo #YoyoKediri 3ChangcutersTahunBaru 3FotoKediri 3kediri 3KediriDiet 3kediriYogyakarta 3KotaKediri 3PemkotKediri Advokat kediri Agrowisata Kediri Agrowisata Kelengkeng Alumni SMA 1 Kediri Amuni Kediri Anak Punk Kediri Angin kencang Anugerah Desa Argumentum Ad Hominem Ariesta Widaningrum Arumi Bachsin Ayam Kediri Babinsa Kediri Banjir di Kediri Banjir Kediri Banjir Pacitan Banjir Petok Banyakan Kediri Becak Kediri Belanja Online Bencana Kediri Bencana Pacitan Beras Kediri Besuki Kediri Bisnis Kediri BLSM Kediri BPBD Kediri BPN Kediri buah kelengkeng buah-buahan Bubur Ayam Bubur Jalan Doho Bulog Kediri Bunga Akrilik Bus Kediri Busana Sayuran Cabe Kebonrejo Cabe Kediri Cabe Natal Cabe Pare Cafe Shisha Lirboyo Cerita Panji Changciters SLG Changcuters Kediri Changcuters Tahun Baru Clover Kediri Cloveraction Kediri Coin Emas Cosplay Kediri Cosplayer Kediri Dana Desa Dana Pacitan #DanaPacitan Desa Desa Cabe Desa Jambu Desa Kebonrejo Desa Kediri Desa Kristen Desa Mlancu Desa Natal Desa Sidorejo Desainer Jakarta Dhoho Kediri Dhoho Steet Fashion 3rd Didit Maulana Kediri Diet Kediri Diet Kesehatan Diet Langsing Diet Sehat Dispendukcapil Kediri Disperdagin Kediri DKUMTK Kediri Doho Street Fashion 3 Drver Ojek Durian Kediri Durian Mlancu Ekonomi dan Bisnis Epiji Kediri Festival Panji FKUB Kediri Foto Kediri Fragmen Soedirman Fragmen Tari gagal jantung Game Kediri Gampengrejo Kebanjiran Gangguan Jiwa Gaya Hidup Gereja Kediri Gereja St Vincentius Germas Kediri Gombal Amoh Gombal Kediri Grand Surya Kediri Guru MI Gus War harga ayam Harga Cabe Harga Telur Hotel Grand Surya Hotel Kediri Hujan Angin Hujan Deras Hujan Kediri Hukum Kediri Ibu Kediri Ibu Puisi Ibu-ibu Bunga Ignatius Jonan Kediri Iklan Jeans Ilmuwan Peramal Ilmuwan Psikologi Internet Desa Israel Jakarta Kediri Jalan Dhoho Jalan Santai Kediri Jalan Santai Pajak Jaman Belanda Jambu Kediri Jenderal Soedirman Jenderal Soedirman Kediri Jumpritan Kediri Jurnalis Kediri Kabupaten Kediri Kader NU Kampung Anggreng Kediri Kampung Dalem Kediri Kampung Indian Kampung Kelir Kediri Kapolresta Kediri KarakanPelem Karya Kita Katiga Kediri kebakaran gas kebakaran Kediri Kebudayaan Kediri Kediri Diet Kediri Gila Kediri Israel Kediri Istighosah Kediri Jerusalem Kediri Jiwa Kediri Kebanjiran Kediri Koin Kediri Kota Kediri Mas Abu Kediri Memorial Park Kediri Nyamuk Kediri Pacitan Kediri Palestina Kediri Pohon Tumbang Kediri wates Kediri Yogyakarta Kediri-Bajulan Kediri's Photograph Museum Kelengkeng Jambu Kelud Kediri Kelud Wilis Tourism Adventuride Kepalsuan Berfikir Kepemimpinan Kediri Kependudukan Kediri Kepung Kediri Kereta Api Kerupuk kediri kerupuk tradisional Kerupuk Upil Kesenian Kediri Kesenian Muhammadiyah Khitanan Kediri Khitanan Liburan Khitanan Massal Khitanan NU Khofifah Kediri KKM Guru Koes Plus Kediri Koin Maulid Kolom Komikers Kediri Komoditi Kediri Komunitas Komunitas Komikers Komunitas Menggambar Korban Pacitan Korgumi Kediri Korgumi Kemenag Kota Kediri KPKKediri KPU Kediri KPU Parpol Kuliner Kediri Kuliner Rakyat Lampu Bambu Lampu Hias Lansia Hari Ibu Lereng Kelud libur panjang Liburan Sekolah Lintas agama Lomba Tartil Al-Qur’an malam Natal Mas Abu Mas Abu Kediri Masyarakat Kediri Maulid Nabi Melangsingkan tubuh Mensos Khofifah Menteri ESDM Kediri Merk Jeans Misa Natal Mobile Legends Kediri Muhammadiyah Kediri Muhammadiyah Pohon Muslimat NU Muslimat NU Kediri Nabi Muhammad Nabi Muhammad saw Napak Tilas Napak Tilas Kediri Napak Tilas Soedirman Natal Becak Natal Kediri Ning Lik Ning Lik Kediri NU agama NU Negara Ojek Kediri Ojek Online Olahan Cabe Olahraga Kemenag Online Desa Operasi Lilin Kediri OPK Kediri Ormas WA Ormas Whatsapp Pahlawan Kediri Pajak Bumi dan Bangunan Palestina Palestina Jerusalem Palmturi Kediri Panji Internasional Panji Kediri Panti Asuhan Muhammadiyah Pariwisata Kediri Pasar Induk Pare pasar luar kota pasar luar provinsi Pasien Kediri Pasta Cabe Pasutri Miskin PCNU Kediri Pelajar Kediri Pelantikan PPK PPS Pemadaman listrik Pemadaman PLN Pembalut bantal Pembenihan Jagung Syar'i Pemkab Kediri Pemkot Kediri Pendidikan Kediri Pengamanan Natal Penghargaan Kediri Pengunjung Anggrek Penumpang Kediri Peradi Unik Perajin Kediri Perbaikan SLG Perempuan Kediri Pergunakan uang petani jagung Petani Kediri PG Pesantren Phobia Sosial Pita Sutra Kuning PKPA peradi PKPA Unik PKPNU Kediri PLN Kediri Pohon Kediri Pohon Kelapa Pohon Tumbang Pohon Tumbang Kediri Pola makan Polisi bencana Polisi elpiji Polisi Kediri Polres Kediri PPK PPS Kediri Psikologi Peramal Pukis China Pupuk Kediri Pupuk Petani Puting Beliung Puting Beliung Kediri Rakerda Whatsapp Rakernas Whatsapp Rakerwil Whatsapp Refleksi 2017 Refleksi Kediri Relawan Kediri Resep Resep Apem Resep Kukus Resep Pukis Robot Kediri Robot Tenggarong Robotic Kediri Robotic Tenggarong Robotik Kediri Roti Belanda Roti Jadul Roti Kediri Roti Kukus Roti Orion Rumah Seng rumput samsung Rusunawa Dandangan Rusunawa Kediri Sampah Kediri Sampah Sungai Brantas Sarapan Bubur Sarapan Jalan Doho Sawah Kebanjiran Sayangi Jantungmu Sayuran Kediri SD Rahmat SD Rahmat Kediri SD Rahmat Pacitan Sejarah Pukis Sekolah Kediri Sekolah Lapang Sekolah Lapang Kediri Semarak Natal Senam Lansia Seniman Kediri Sepak Sekolah Lapang Sepeda Kediri Serambi UMKM serangan jantung Sertifikat Kediri Sertifikat Tanah Sertifikat Warga Shaggydog Kediri Shaggydog Tahun Baru Siswa Kediri Siswa SD Rahmat Siswa Uang SLG Tahun Baru SMA 1 Kediri SMKN 2 Kediri Social Anxiety Sosok Spiritual Sportomotif Sukoco Kandat Sulam Cahyaningsih Sulam Kediri Sulam Sidorejo Sulam Tangan Sungai Brantas Kediri Tabung Gas Tabung Melon Tahun Baru Tahun Baru besuki Tahun baru Kediri Tahun Baru Kelud Taman Kediri Taman Sekartaji Tanah Kediri Telur Kediri Tenun Ikat Kediri TK Kediri Toko Dhoho Tradisi Kediri Tradisi Koin Tukang Becak tumbuhan Umbul-umbul Kristen UMKM Kediri Uniska Jagung Uniska Sepak URC Kediri Usaha Kediri Verifikasi Parpol Wali Kota Kediri Wali Kota Mas Abu Warga Kediri Warga Kepung Warung Desa Warung Kopi Wifi Wawali Kediri Wifi Desa Wifi gratis Wifi Kediri Wilis Kediri Wira Usaha Baru Wira Usaha Kediri Wisata Kediri Wisataliner Yon Koeswoyo Kediri Yuyuk Andriati
false
ltr
item
Foto Kediri: Kilas Balik Sengketa Lahan Warga Sepawon dengan PTPN XII
Kilas Balik Sengketa Lahan Warga Sepawon dengan PTPN XII
https://fotokediri.com/wp-content/uploads/2017/12/kilas-balik-sengketa-lahan-warga-sepawon-dengan-ptpn-xii.jpg
Foto Kediri
http://foto-kediri.blogspot.com/2017/12/kilas-balik-sengketa-lahan-warga.html
http://foto-kediri.blogspot.com/
http://foto-kediri.blogspot.com/
http://foto-kediri.blogspot.com/2017/12/kilas-balik-sengketa-lahan-warga.html
true
3393327877895664526
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy