Workshop dan klinik UMKM. - Foto: harianbhirawa.com Foto Kediri - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan workshop da...
![]() |
Workshop dan klinik UMKM. - Foto: harianbhirawa.com |
Foto Kediri - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan workshop dan klinik digital marketing kepada pelaku UMKM yang berdomisili di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri. Workshop berlangsung di aula lantai 5 Kantor BI Kediri, Selasa 27 Maret 2018.
Kepala BI Kediri, Djoko Raharto, mengatakan pelatihan ini untuk membantu para pelaku UMKM mendongkrak pasar online mereka. Peserta diberi ketrampilan memanfaatkan membuka pasar melalui sosial media (sosmed) maupun melalui market place. Disamping itu bagaimana cara membuat foto produk yang berkualitas.
“Mengingat masih banyak pelaku UMKM yang belum bisa memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produknya dan penyajian foto produknya masih sederhana.” kata Djoko disela-sela seminar, Selasa 27 Maret 2018. (Baca: Pemkot Kediri Pacu Ekonomi Kreatif)
BI, lanjut Joko, sebagai institusi yang juga menaruh perhatian cukup besar terhadap pengembangan UMKM dan konsisten dalam menjaga apresiasi yang diberikan oleh stakeholders. Workshop dan klinik ini untuk menangkap kebutuhan akan pentingnya marketing.
“Untuk itu KPwBI Kediri menghadirkan workshop dan klinik ini untuk menangkap kebutuhan akan pentingnya marketing produk UMKM secara digital/on line di masa kini yang penuh persaingan serta mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam konektifitas transaksi,” terangnya.
Di luar dugaan terlihat antusiasme pelaku UMKM dalam mengikuti workshop. Mereka mengikuti acara yang digelar selama 2 hari. Begitu pendaftaran dibuka sudah mencapai 200 orang. Akhirnya Bank Indonesia mengambil kebijakan bahwa dengan mempertimbangkan kapasitas ruangan dan efektifitas penyampaian informasi, maka jumlah peserta dibatasi sebanyak 120 orang.
Di wilayah kerja KPwBI Kediri, pendaftar antara lain dari Ponorogo, Tulungagung, Nganjuk, Madiun bahkan ada yang dari Surabaya dan Malang. (Baca: Geliatkan UMKM Kediri Melalui Kadin Award Young Start Up )
Dalam kegiatan ini Narasumber yang dihadirkan adalah Daeng Faqih (Trainer Digital Marketing), Ade Fyrman Dwiputra (Praktisi Marketplace Marketing), dan Adhi Kusumo (Ahli Fotografi Alumnus New York of Photography of USA).
Djoko menambahkan, dengan menghadirkan narasumber yang handal, ahli, dan memiliki pengalaman yang memadai agar mampu memberikan manfaat yang optimal untuk meningkatkan akses pasar bagi UMKM.
“Sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah semakin banyak pelaku UMKM yang meningkat kepercayaan dirinya melalui pemanfaatan digital marketing, mampu menyajikan foto produk dengan baik dan menarik, sehingga berdampak terhadap peningkatan omzet penjualan,” tandasnya.
Selain itu mampu menyajikan foto produk dengan baik dan menarik, sehingga berdampak terhadap peningkatan omzet penjualan. Kegiatan ini mengusung tema 'Saatnya produk lokal dipasarkan secara digital'.
Anis salah satu peserta menyambut kegiatan workshop karena menambah pengetahuan dan wawasan dalam memasarkan produk.
"Kegiatan seperti yang kami harapkan untuk menambah wawasan," tandas Anis.